Pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai pengertian dan fungsi dari cPanel di sini. Kali ini kami akan membahas mengenai cara login dan logout cPanel jika Anda sudah memiliki domain dan web hosting sendiri. Cara login (masuk) kedalam cPanel sangatlah mudah, Anda tinggal mengetikkan /cpanel atau :2082 dibelakang nama domain Anda.

Contoh: www.namadomainanda.com/cpanel atau www.namadomainanda.com:2082. Kemudian akan muncul laman login cPanel seperti pada gambar berikut:

Untuk memasuki area cPanel pada pertama kalinya. Anda harus ketikan username dan password bawaan (default) cPanel yang telah diberikan oleh penyedia jasa web hosting misal dari penyedia hosting melalui email kepada Anda (ke depannya Anda bisa mengubahnya).

Lalu bagaimana cara keluar (logout) dari area cPanel jika Anda telah memasukinya? Sangat mudah sekali, Anda tinggal klik menu logout di kanan atas. Sebetulnya jika Anda tidak melakukan aktivitas di area cPanel selama kurang lebih 5 menit, maka otomatis dengan sendirinya Anda akan keluar dari area cPanel (demi keamanan).

Leave a Reply