Jika Anda sudah berhasil membuat website/blog, Anda harus rutin mem-backup data website/blog Anda. Mengapa demikian? Karena website/blog Anda bisa tiba-tiba hilang atau rusak dikarenakan penyedia jasa hostingnya menghilang (mungkin bangkrut atau servernya rusak) atau juga karena dihack oleh orang iseng atau tidak suka karena kepopuleran website/kepribadian Anda. Jadi untuk meminimalisir resiko tersebut, Anda harus rajin-rajin mem-backup data website Anda.

Baiknya Anda melakukan backup setiap hari, tetapi jika tidak ada waktu, seminggu sekali sudah cukup atau setidaknya sebulan sekali. Backup-an sangat berguna bagi Anda jika ingin pindah hostingan atau untuk melakukan restore (mengembalikan) data-data website Anda melalui cPanel Anda jika website Anda terkena hack atau terkena virus/malware sehingga ketika membangun ulang website, Anda tidak akan memulainya lagi dari awal.

Jadi bagaimana caranya melakukan backup di cPanel? Sangat mudah sekali, terlebih dahulu Anda login ke cPanel Anda. Kemudian klik kontrol panel Backups pada menu Files.

Jendela baru akan muncul seperti berikut:

Klik pada tab Download or Generate a Full Website Backup untuk melakukan backup. Pada tab itu juga nantinya Anda bisa melakukan download file backup jika sudah selesai di-generate. Jendela baru akan muncul seperti berikut:

Pada gambar diatas, panah merah menunjukan tempat dimana Anda bisa men-download file backup jika Anda sudah selesai melakukan Generate Backup. Sedangkan jika belum pernah di-backup atau akan melakukan backup untuk kesekian kalinya, Anda tinggal mengklik tab Generate Backup. Sedangkan menu Backup Destination tetapkan saja pada pilihan Home Directory, masukan alamat email Anda yang valid jika Anda ingin diberi notifikasi apabila proses generate backup selesai, atau klik pilihan Do not send email notification of backup completion apabila Anda tidak perlu mendapatkan notifikasi.

Jendela yang akan muncul ketika Anda meng-klik tab Generate Backup adalah seperti berikut:

Silahkan amankan file backup di komputer Anda karena mungkin suatu waktu dibutuhkan. Jangan lupa proses ini rutin dilakukan paling minimal sebulan sekali.

SHARE
Previous articleCara Membuat Addon Domain
Next articleCara Login dan Logout cPanel

Freelance website designer and developer from Bandung, Indonesia, South East Asia to work with Wordpress, Woocommerce, Joomla, Drupal, etc

Leave a Reply