Pertama-tama apakah itu Addon Domain? Addon domain adalah domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah website. Misalnya website Pryspry.com, kami memiliki domain lainnya yakni pryspry.net, maka domain pryspry.net bisa diarahkan langsung ke website pryspry.com, sehingga jika pengunjung mengklik domain pryspry.net, pengunjung tidak merasakan apa-apa karena domain tersebut kami arahkan ke pryspry.com. Atau bisa juga addon domain pryspry.net kami jadikan sebagai suatu laman website terpisah namun kuota hosting dan lainnya berbagi dengan pryspry.com.

Addon domain berbagi (share) dengan akun utama dalam segala hal, termasuk kuota diskspace, bandwith dan cPanel sehingga Anda tidak akan memiliki cPanel terpisah pada setiap Addon domain yang ditambahkan. Jadi apa keuntungan dari Addon domain?

  1. Berguna jika Anda ingin mendapatkan tujuan website kedalam satu laman yang sama pada setiap website dengan domain yang mirip. Misal: domainkamu.com sebagai akun utama, maka domain lainnya yang mirip seperti domainkamu.net, domainkamu.org, domainkamu.biz dan lainnya bisa diarahkan ke domainkamu.com.

  2. Jika Anda memiliki diskspace dan bandwith yang besar, untuk melakukan penghematan jika Anda ingin menambah website Anda, maka Anda bisa membagi diskspace dan bandwith tersebut dengan domain Anda yang lainnya, jadi untuk menambah website, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya pembelian domain saja.

Lalu bagaimana cara membuat Addon domain? Login terlebih dahulu ke cPanel Anda kemudian klik kontrol panel Addon Domains pada menu Domains.

Maka akan muncul jendela baru seperti berikut:

Isi kolom New Domain Name dengan domain baru yang sudah Anda beli kemudian klik tab pada keyboard Anda dua kali sehingga kolom Subdomain/FTP Username dan Document Root terisi dengan sendirinya. Masukan password yang Akan Anda gunakan pada nantinya untuk login melalui FTP atau File Manager. Klik tab Add domain dan selesai. Mudah sekali bukan?

SHARE
Previous articleCara Membuat Subdomain
Next articleCara Melakukan Backup di cPanel
Freelance website designer and developer from Bandung, Indonesia, South East Asia to work with Wordpress, Woocommerce, Joomla, Drupal, etc

Leave a Reply