Sebelum kami menjelaskan bagaimana cara menambah direktori melalui FTP Filezilla, ada baiknya terlebih dahulu kita mengerti dulu apa itu direktori. Penjelasan direktori berikut dikutip langsung dari Wikipedia (Ensiklopedia Bebas). “Sebuah direktori adalah komponen dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang dapat ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun sebagian sistem berkas tidak membatasinya (batasan tersebut disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada)”.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah direktori pada website berfungsi untuk mengelompokkan suatu berkas yang diperuntukkan semisal sebagai direktori installasi WordPress, Joomla, Drupal, atau pengelompokkan untuk penyimpanan khusus gambar, artikel, database dan sebagainya.

Pengelompokkan suatu berkas pada sebuah direktori menurut kami sangat penting agar berkas-berkas pada website Anda tertata dengan rapi sehingga pemeliharaan website menjadi lebih mudah dan terorganisir.

Melakukan penambahan direktori melalui FTP Filezilla sangat mudah dilakukan, berikut adalah caranya:

  1. Buka Filezilla Anda dan hubungkan dengan server website yang akan Anda tambahkan direktorinya.
  2. Klik pada folder server dimana Anda akan menambahkan direktori. Pada umumnya jika berkas yang akan Anda tambahkan nantinya bisa diakses oleh publik, maka pembuatan direktori harusnya berada pada folder public_html.
  3. Pada folder tersebut (bagian server) klik kanan pada mouse Anda dan klik pilihan Buat Direktori.
  4. Masukan nama direktori yang ingin Anda buat dan klik Ok.
  5. Direktori baru dengan nama sesuai yang Anda buat akan muncul pada direktori public_html jika Anda membuatnya disitu – selesai

 

Leave a Reply