Baru-baru ini Google dikabarkan tengah melakukan eksperimentasi terkait search result page pada hasil pencarian di mesin pencari mereka. Seperti yang dilansir The Telegraph hari ini (09/05 waktu setempat), eksperimen ini dilakukan dengan mengubah warna biru yang menjadi khas hyperlink menjadi warna hitam di halaman hasil pencarian ketika mengetik kata kunci ‘Google’.

Meski belum diterapkan menyeluruh, beberapa melaporkan menyaksikan langsung eksperimen ini saat menemui sekitar 10 tautan terkait kata kunci ‘Google’ yang cukup mencolok dengan page title berwarna hitam dan url berwarna hijau. Sejumlah netizen yang sempat men-capture eksperimen ini juga membagikannya di akun twitter masing-masing. Beberapa diantaranya bahkan mengatakan hal tersebut adalah ide yang buruk.

Belum jelas juga apakah A / B test ini untuk mengetahui minat pengguna memilih hyperlink hitam lebih dari hyperlink biasa berwarna biru. Adapun selama ini Google memang kerap menguji berbagai varian warna dari logo, navigasi hingga detail kecil pada halaman produknya. Sepanjang 2009, Google sendiri telah menggunakan 41 varian warna biru yang berbeda-beda pada iklan di layanan Gmail miliknya yang kemudian meningkatkan pendapatan Google hingga 200 juta dollar per tahun.

Leave a Reply