Instagram Luncurkan IGTV, Fitur Channel Video Berdurasi Panjang

    27

    Dalam beberapa pekan ke depan, pengguna Instagram dipastikan bakal menikmati fitur anyar di jejaring sosial populer asal San Fransisco ini. Layanan tersebut adalah IGTV, atau fitur channel video dimana pengguna dapat mengunggah video panjang lebih dari 1 menit.

    Diumumkan di situs resmi Instagram beberapa jam yang lalu, IGTV memungkinkan pengguna mengupload konten video panjang berdurasi 1 jam. Walau belum disebutkan tanggal rilis pastinya, IGTV bakal tersedia di Android dan iOS dalam aplikasi yang dapat diinstall terpisah (standalone app) maupun aplikasi utama Instagram nantinya.

    How To Use It

    Fitur IGTV bakal tersedia untuk semua pengguna Instagram, baik akun personal, influencer atau akun selebriti maupun brand.

    Setiap akun pengguna akan memiliki channelnya sendiri yang dapat di-subscribe oleh pengguna lain, serta mengunggah video panjang dengan caption serta url external lewat standalone app maupun website Instagram.

    Seperti layaknya televisi, begitu dijalankan aplikasi ini akan langsung menayangkan channel akun yang telah di-follow dan channel acak berdasarkan interest dan aktivitas pengguna.

    Hendak Menyaingi Youtube?

    Sepintas IGTV mirip layanan Youtube memang, tapi patut diingat bahwa format video yang digunakan adalah vertical video dengan tampilan full screen. Sehingga jelas bahwa ia memang dikhususkan untuk pengguna ponsel.

    Movement ini boleh jadi adalah strategi Instagram berkompetisi dengan layanan channel video di Youtube yang telah populer lebih dulu serta layanan Facebook Watch.

    Seperti dikutip Techcrunch dalam artikelnya, Instagram CEO Kevin Systrom menyebutkan bahwa IGTV belum disisipi konten iklan komersial. Bahkan Instagram tengah menyiapkan fitur ini dapat dimonetize oleh pengguna ke depannya.

    Leave your comment

    avatar
      Subscribe  
    Notify of